SIMP : TENTANG SARANA DAN FASILITAS PENDIDIKANDI SD N 211/IX MENDALO DARAT
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah
Sistem informasi Manajemen
Pendidikan (SIMP) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa (Mc.Leod:
1995). Sejalan dengan itu, Stoner (1982) juga menyatakan bahwa SIMP merupakan
metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada
manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi
dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi secara efektif dan
pengendalian. David et al.(2010) menyatakan bahwa SIMP merupakan
pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam
organisasi.
Sistem informasi yang efektif dalam
suatu organisasi kependidikan, meliputi salah satunya adalah Sarana dan
Prasarana (Fasilitas Pendidikan). Sarana Pendidikan ialah terdiri atas
sumber belajar seperti, perabot belajar, media belajar, media atau alat praktik
pendidikan, laboratorium, buku teks dan buku perpustakaan, dan sarana lain yang
diperlukan untuk kelancaran proses pendidikan di suatu sekolah. Sedangkan
prasarana pendidikan meliputi ; tanah, gedung dan infrastruktur lain yang
menunjang kegiatan pendidikan. Data tentang sarana dan prasarana
pendidikan pada suatu sekolah umumnya tercantum dalam profil sekolah dan
juga merupakan bagian dari RIPS (Rencana Induk Pengembangan Sekolah)
dan RENSTRA ( Rencana Strategis) dari suatu sekolah.
SD 211/IX Mendalo Darat telah mengembangkan
suatu Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMP) melalui suatu analisis
strategik pengembangan organisasi secara menyeluruh dan terpadu terhadap faktor
intern dan ekstern ; SWOT ( Strenght/Kekuatan, Weakness/Kelemahan,
Opportunity/Peluang, Threat/Ancaman) yang terus mengalami perubahan.
Melalui analisis SWOT ini, akan
ditemukan segala unsur yang nantinya dapat disinergikan untuk mendukung
keberhasilan pengelolaan sekolah. Dalam tulisan ini akan disajikan beberapa hal
mengenai Sistem Informasi Manajemen SD
211/IX Mendalo Darat tentang Sarana dan Prasarana yang ditinjau melalui
analisis SWOT, Profil Sekolah, Landasan Hukum (Mandat) dan Kendala yang
dihadapi dalam pengembangan Sarana Prasarana dan Fasilitas Pendidikan.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah diungkapkan sebelumnya, maka pokok permasalahan yang
dibahas dalam makalah ini adalah :
1.
Bagaimana merancang SIMP tentang
sarana dan fasilitas di
SD 211/IX Mendalo Darat ?
2. Bagaimana
aplikasi yang dibangun dapat menjawab kebutuhan informasi yang berkaitan dengan
sarana dan fasilitas di SD 211/IX Mendalo Darat ?
1.3
Tujuan
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini adalah Untuk :
1.
Merancang SIMP tentang sarana dan fasilitas di SD 211/IX Mendalo
Darat
2.
Menjawab kebutuhan informasi yang
berkaitan dengan sarana dan fasilitas
di SD 211/IX Mendalo Darat
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Mandat (Landasan
Hukum)
Dalam
rancangbangun SIMP harus mengacu kepada Mandat/ landasan hukum. Mandat
adalah ketentuan-ketentuan yang harus diikuti dan dipatui oleh suatu organisasi
(dapat berupa UUD, UU, PP, Kepmen dan sebagainya). Mandat ini menjadi
pedoman acuan dalam melaksanakan seluruh kegiatan organisasi termasuk dalam
bertindak. Berdasarkan pengertian maka terdapat mandat-mandat atau
landasan hukum SD 211/IX Mendalo Darat
yaitu:
1.
Pancasila
dan UUD 1945
2.
TAP MPR
(termasuk GBHN 1999-2002)
3.
Undang-Undang
No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
4.
Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
5.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah.
6.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi
Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
7.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
Pendidikan
8.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
Pendidikan
9.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
10.
Pedoman
Penyelenggaraan Program Pengembangan SD 211 Berstandar Nasional dan
Internasional yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan
Nasional-Dirjen.Dikdasmen-Dikmenjur, Tahun 2003.
11.
Keputusan-keputusan
Menteri yang menyangkut SD;
a.
Kepmen
Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 5786/1989 dan No. 28/SE/1989
b.
Surat edaran
bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kep. BAKN No. 5786/MPK/1989 dan
No. 28/SE/1989
Kepmen Diknas RI No. 044/U/2002
tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
2.2 Profil SD 211/IX MENDALO DARAT
2.2.1. Identitas Sekolah
1
|
Nama Resmi Sekolah
|
: SD 211/IX Mendalo Darat
|
2
|
Nomor Statistik Sekolah
|
:101100701211
|
3
|
Status
|
: Negeri
|
4
|
Sk Dan Tahun Pendirian
a.
Nomor Sk
b.
Tanggal Sk
|
: Mendikbud, No. 211/M/Kedj
:16 Mei 1995211/M/1996
|
5
|
Luas Lahan
a. Luas Lahan Keseluruhan
b. Luas Lahan Bangunan
c. Luas Lahan Tanpa
|
: 8.689,50 M2
: 4.297,00 M2
: 4.392,00 M2
|
6
|
Alamat Sekolah
a.
Jalan
b.
Desa/ Kelurahan
c.
Kecamatan
d.
Kabupaten/ Kota
e.
Provinsi
f.
Kode Pos
g.
Nomor Telepon
h.
Nomor Faksimili
i.
|
: pertamina
: mendalo indah
: jambi luar kota
: muaro jambi
: jambi
:36361
:085369151570
:
|
7
|
Alamat Sekolah
a.
Jalan
b.
Desa/ Kelurahan
c.
Kecamatan
d.
Kabupaten/ Kota
e.
Provinsi
f.
Kode Pos
g.
Nomor Telepon
|
: pertamina
: mendalo indah
: jambi luar kota
: muaro jambi
: jambi
:36361
:085369151570
:
|
2.2 Riwayat Singkat SD 211/IX Mendalo Darat
SD 211/IX Mendalo Darat pertama
berdiri pada tahun Pada tanggal 16 april 1996 Penegerian/Operasional pada tahun
1996 yang dipimpin oleh Juairiah, SPd. Pada saat itu masih termasuk kabupaten
Batang Hari dengan nomor 393/I Mendalo Darat kemudian berubah menjadi SD 211/IX
Mendalo Darat setelah pemekaran kabupaten menjadi kabupaten Muaro Jambi pada
tahun 2003 sesuai dengan peraturan pemerintah ketika itu.
Selanjutnya pada tahun 2003 hingga
saat ini, SD 211/IX Mendalo Darat dipimpin oleh Asni shauma dan mengalami
banyak perubahan mendasar terhadap pengembangan pendidikan di SD 211/IX Mendalo
Darat.
2.3.
Organisasi Dan Manajemen
2.3.1
Visi dan Misi
a.
Visi
Menjadi
lembaga pendidikan yang unggul, menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa
serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
b.
Misi
1) Melaksanakan
KBM secara optimal;
2) Menumbuhkan
penghayatan terhadap ajaran agama;
3) Mengembangkan
dan mengintensifkan hubungan kerjasama dengan DU/DI dan institusi lain yang
memiliki reputasi nasional/internasional;
4) Menumbuhkan
semangat keunggulan yang kompetitif;
5) Mengembangkan
dan meningkatkan kualitas secara intensif tenaga kependidikan;
6) Menerapkan
manajemen mutu (ISO 9001:2000);
7) Memperdayakan
seluruh sumber daya yang ada
8) Melengkapi fasilitas;
2.3.2.
Perencanaan Pendidikan
a. Rencana Strategis 2005 – 2009 SD 211/ IX
Mendalo Darat
Rencana
Startejik 2005 – 2009 SD 211/ IX Mendalo Darat mencakup
Tujuan, Sasaran, dan Kebijakan tentang:
1) Organisasi
dan Manajemen,
2) Tenaga
Kependidikan (SDM),
3) Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM),
4) Kesiswaan,
5) Fasilitas,
6) Lingkungan
Sekolah,
7) Hubungan
Industri, dan
8) Unit
Produksi.
b. Rencana Induk
Pengembangan Sekolah (RIPS) 2005 – 2009 SD 211/ IX Mendalo Darat meliputi:
1) Proyeksi
Pengembangan Siswa, Proyeksi Pengadaan Dokumen Kurikulum, Proyeksi Pengembangan
Tenaga Kependidikan/Guru;
2) Proyeksi
Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan/Guru;
3) Proyeksi
Pengembangan Tenaga Tata Usaha;
4) Proyeksi
Pengembangan Perangkat Sistem Pengolahan Data (Sistem Informasi Manajemen)
Sekolah;
5) Proyeksi Pengembangan
Perpustakaan Sekolah
2.3.3. Akreditasi Sekolah
Untuk
menetapkan kualifikasi kinerja sekolah dalam tingkatan kualifikasi dan standar
pendidikan Dasar maka telah di akreditasi oleh
Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jambi pada tanggal 17 Desember 2008
Hasil
akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jambi tertuang
dalam Keputusan Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Jambi Nomor
01/SK/BASDA/XII/2007 tentang Penetapan Hasil Akreditasi SD/MI Tahun 2007 Provinsi Jambi
2.3.5.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
SD 211/IX Mendalo Darat telah melaksanakan
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang terkomputerisasi sebagai pangkalan
data (database). Adapun
pangkalan data (database) pada Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM-P) SD 211/IX Mendalo Darat meliputi:
a.
Pangkalan Data
Urusan Kepegawaian, Administrasi, Keuangan, dan Sarana Prasarana di Ruang Tata
Usaha
b.
Pangkalan Data
Bidang Kesiswaan di Ruang Kepala
Sekolah;
2.4. Analisis SWOT Tentang Sarana dan Prasarana
Fasilitas Pendidikan
(Sarana/
Prasarana)
|
Strength (S)
(Kekuatan)
|
Weakness (W)
(Kelemahan)
|
· Tersedianya fasilitas yang cukup
memadai
· Tersedianya peralatan dan perabot yang
cukup
· Sarana pendukung KBM cukup memadai
· Infrastruktur sesuai kebutuhan
|
· Ruang komputer belum menggunakan
AC
· Cafetaria belum dimanfaatkan
secara optimal
· Tidak mempunyai lapangan olahraga
· Beberapa peralatan out of date
/ usang
|
2.4.1 Lingkungan Strategik
Internal (ALI)
Fasilitas
Pendidikan
(Sarana/
Prasarana)
|
Strength
(S)
(Kekuatan)
|
Weakness
(W)
(Kelemahan)
|
· Tersedianya
fasilitas yang cukup memadai
· Tersedianya
peralatan dan perabot yang cukup
· Sarana
pendukung KBM cukup memadai
· Infrastruktur
sesuai kebutuhan
|
· Ruang
komputer belum ada
· Cafetaria
belum dimanfaatkan secara optimal
· Tidak
mempunyai lapangan olahraga
· Beberapa
peralatan out of date / usang
|
2.5. Sarana dan Fasilitas Pendidikan di SD 211/1X MD
2.5.1. Sumber Belajar
Data Luas Area dan Bangunan
Area/ Lahan Sekolah
|
Luas (M2)
|
Status Kepemilikan
|
Luas Lahan Seluruhnya
|
8.689,50
|
Pemerintah
|
Luas Lahan Bangunan
|
4.297,00
|
Pemerintah
|
Luas Lahan Tanpa Bangunan
|
4.392,50
|
Pemerintah
|
Data Sarana Utama Sumber Belajar
No.
|
Jenis Sumber Belajar
|
Jumlah
|
Luas Ruangan
M2
|
Kondisi
|
Tidak Ada
|
|
Baik
|
Kurang Baik
|
|||||
1.
|
Ruang Belajar
|
|||||
a.
Ruang Teori
|
10
|
63.00
|
ü
|
-
|
-
|
|
b.
Perpustakaan
|
2
|
45.00
|
ü
|
-
|
-
|
2.5.2 Sarana
Penunjang
Data Sarana Penunjang
No.
|
Jenis Sarana
|
Jumlah
|
Luas Ruangan
M2
|
Kondisi
|
Tidak Ada
|
|
Baik
|
Kurang Baik
|
|||||
1.
|
Ruang Tata Usaha
|
1
|
48.00
|
ü
|
-
|
-
|
2.
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
48.00
|
ü
|
-
|
-
|
3.
|
Ruang uks
|
1
|
12.00
|
ü
|
-
|
-
|
4.
|
Ruang Guru
|
1
|
96.00
|
ü
|
-
|
-
|
2.5.3Prasarana
Data Prasarana
(Infrastruktur)
No.
|
Jenis Prasarana
|
Keberadaan
|
Fungsi
|
||
Ada
|
Tidak Ada
|
Baik
|
Tidak Baik
|
||
1.
|
Instalasi Air Bersih
|
ü
|
-
|
ü
|
-
|
2.
|
Jaringan Listrik
|
ü
|
-
|
ü
|
-
|
3.
|
Jaringan Telepon
|
ü
|
-
|
ü
|
-
|
2.5.4Media Komunikasi
Data
Media Komunikasi Sekolah
No.
|
Jenis Media
|
Keberadaan
|
Fungsi
|
||
Ada
|
Tidak Ada
|
Baik
|
Tidak Baik
|
||
1.
|
Majalah Dinding
|
ü
|
-
|
ü
|
-
|
2.
|
Majalah Sekolah
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
3.
|
Koran Sekolah
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
4.
|
Jurnal
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
5.
|
Brosur Sekolah
|
ü
|
-
|
ü
|
-
|
6.
|
CD Profil Sekolah
|
ü
|
-
|
ü
|
-
|
BAB III
Penutup
3.1 Simpulan
Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMP) merupakan sistem informasi berbasis teknologi yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk
mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi secara efektif dan
pengendalian.
Sistem informasi manajemen
pendidikan dalam bahasan ini mengedepankan aspek sarana/ prasarana sebagai
fasilitas pendidikan untuk menunjang Proses Belajar Mengajar.
Sistem Informasi Manajemen
Sekolah (SIMP) pada SD 211/IX Mendalo
Darat dirancang melalui suatu analisis pengembangan organisasi dengan analisis
strategik yang menyeluruh dan terpadu terhadap faktor intern dan ekstern ; SWOT
(Strenght/Kekuatan,Weakness/Kelemahan,Opportunity/Peluang,Threat/Ancaman) yang
terus mengalami perubahan.
Suatu rancang bangun Sistem
Manajemen pendidikan di suatu sekolah sesungguhnya haruslah terintegrasi dengan
beberapa komponen yang lain yang telah terkonsep dan diharapkan dapat menjadi
acuan/ blueprint dalam pengembangan SIMP pada aspek sarana/prasarana yang
lebih terarah dan memenuhi standar kelayakan pemenuhan suatu sarana/prasarana
khususnya dalam bidang pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
SIMP. 2010. SD 211/IX Mendalo Darat. File Akreditasi
Sekolah.
RIPS.2010. SD 211/IX Mendalo Darat Tahun 2010-2014.
RENSTRA.
2009. SD 211/IX Mendalo Darat Tahun
2009-2014. Rencana Strategis (School Strategic Plan).
McLeod &
Schell.1995. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.
Stoner,
James.1982. Management: Studi Guide and Workbook. America.Prentice-Hall
Publishers.
David et al.
2010. Strategic Information Systems Mangement. Cengange Learning Publishers.
Komentar
Posting Komentar