SIMP : TENTANG SARANA DAN FASILITAS PENDIDIKANDI SD N 211/IX MENDALO DARAT


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang masalah

Sistem informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa (Mc.Leod: 1995). Sejalan dengan itu, Stoner (1982) juga menyatakan bahwa SIMP merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi secara efektif dan pengendalian.  David et al.(2010) menyatakan bahwa SIMP merupakan pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi.
Sistem informasi yang efektif dalam suatu organisasi kependidikan, meliputi salah satunya adalah Sarana dan Prasarana (Fasilitas Pendidikan).  Sarana Pendidikan ialah terdiri atas sumber belajar seperti, perabot belajar, media belajar, media atau alat praktik pendidikan, laboratorium, buku teks dan buku perpustakaan, dan sarana lain yang diperlukan untuk kelancaran proses pendidikan di suatu sekolah. Sedangkan prasarana pendidikan meliputi ; tanah, gedung dan infrastruktur lain yang menunjang kegiatan pendidikan.  Data tentang sarana dan prasarana pendidikan pada suatu sekolah umumnya tercantum dalam profil sekolah dan juga  merupakan bagian dari RIPS (Rencana Induk Pengembangan Sekolah)  dan RENSTRA ( Rencana Strategis) dari suatu sekolah. 
 SD 211/IX Mendalo Darat telah mengembangkan suatu Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMP) melalui suatu analisis strategik pengembangan organisasi secara menyeluruh dan terpadu terhadap faktor intern dan ekstern ; SWOT ( Strenght/Kekuatan, Weakness/Kelemahan, Opportunity/Peluang, Threat/Ancaman) yang terus mengalami perubahan.
Melalui analisis SWOT ini, akan ditemukan segala unsur yang nantinya dapat disinergikan untuk mendukung keberhasilan pengelolaan sekolah. Dalam tulisan ini akan disajikan beberapa hal mengenai Sistem Informasi Manajemen  SD 211/IX Mendalo Darat tentang Sarana dan Prasarana yang ditinjau melalui analisis SWOT, Profil Sekolah, Landasan Hukum (Mandat) dan Kendala yang dihadapi dalam pengembangan Sarana Prasarana dan Fasilitas Pendidikan.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diungkapkan sebelumnya, maka pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah ini adalah :
1.      Bagaimana merancang SIMP tentang sarana dan fasilitas di SD 211/IX Mendalo Darat ?
2.      Bagaimana aplikasi yang dibangun dapat menjawab kebutuhan informasi yang berkaitan dengan sarana dan fasilitas di SD 211/IX Mendalo Darat ?

1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah Untuk :
1.      Merancang SIMP tentang sarana dan fasilitas di SD 211/IX Mendalo Darat
2.      Menjawab kebutuhan informasi yang berkaitan dengan sarana dan fasilitas di SD 211/IX Mendalo Darat

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Mandat (Landasan Hukum)
    Dalam  rancangbangun SIMP harus mengacu kepada Mandat/ landasan hukum.  Mandat adalah ketentuan-ketentuan yang harus diikuti dan dipatui oleh suatu organisasi (dapat berupa UUD, UU, PP, Kepmen dan sebagainya).  Mandat ini menjadi pedoman acuan dalam melaksanakan seluruh kegiatan organisasi termasuk dalam bertindak.  Berdasarkan pengertian maka terdapat mandat-mandat atau landasan hukum  SD 211/IX Mendalo Darat yaitu:
1.                  Pancasila dan UUD 1945
2.                  TAP MPR (termasuk GBHN 1999-2002)
3.                  Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
4.                  Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional     Pendidikan
5.                  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
6.                  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
7.                  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
8.                  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
9.                  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
10.              Pedoman Penyelenggaraan Program Pengembangan SD 211 Berstandar Nasional dan Internasional yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional-Dirjen.Dikdasmen-Dikmenjur, Tahun 2003.
11.              Keputusan-keputusan Menteri yang menyangkut SD;
a.         Kepmen Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 5786/1989 dan No. 28/SE/1989
b.         Surat edaran bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kep. BAKN No. 5786/MPK/1989 dan No. 28/SE/1989
 Kepmen Diknas RI No. 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

2.2 Profil  SD 211/IX MENDALO DARAT
2.2.1.   Identitas Sekolah
1
Nama Resmi Sekolah
 :  SD 211/IX Mendalo Darat
2
Nomor Statistik Sekolah
 :101100701211
3
Status
 : Negeri
4
Sk Dan Tahun Pendirian
a.       Nomor Sk
b.      Tanggal Sk

: Mendikbud, No. 211/M/Kedj
:16 Mei 1995211/M/1996
5
Luas Lahan
a.         Luas Lahan Keseluruhan
b.        Luas Lahan Bangunan
c.         Luas Lahan Tanpa

: 8.689,50 M2
: 4.297,00  M2
: 4.392,00  M2
6

Alamat Sekolah
a.       Jalan
b.      Desa/ Kelurahan
c.       Kecamatan
d.      Kabupaten/ Kota
e.       Provinsi
f.       Kode Pos
g.      Nomor Telepon
h.      Nomor Faksimili
i.    


: pertamina
: mendalo indah
: jambi luar kota
: muaro jambi
: jambi
:36361
:085369151570
:
7
Alamat Sekolah
a.       Jalan
b.      Desa/ Kelurahan
c.       Kecamatan
d.      Kabupaten/ Kota
e.       Provinsi
f.       Kode Pos
g.      Nomor Telepon
: pertamina
: mendalo indah
: jambi luar kota
: muaro jambi
: jambi
:36361
:085369151570
:


           


























2.2  Riwayat Singkat  SD 211/IX Mendalo Darat

SD 211/IX Mendalo Darat pertama berdiri pada tahun Pada tanggal 16 april 1996 Penegerian/Operasional pada tahun 1996 yang dipimpin oleh Juairiah, SPd. Pada saat itu masih termasuk kabupaten Batang Hari dengan nomor 393/I Mendalo Darat kemudian berubah menjadi SD 211/IX Mendalo Darat setelah pemekaran kabupaten menjadi kabupaten Muaro Jambi pada tahun 2003 sesuai dengan peraturan pemerintah ketika itu.
Selanjutnya pada tahun 2003 hingga saat ini, SD 211/IX Mendalo Darat dipimpin oleh Asni shauma dan mengalami banyak perubahan mendasar terhadap pengembangan pendidikan di SD 211/IX Mendalo Darat.

 2.3.  Organisasi Dan Manajemen
        2.3.1  Visi dan Misi
       a.       Visi
Menjadi lembaga pendidikan yang unggul, menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
b.      Misi
1)      Melaksanakan KBM secara optimal;
2)      Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama;
3)      Mengembangkan dan mengintensifkan hubungan kerjasama dengan DU/DI dan institusi lain yang memiliki reputasi nasional/internasional;
4)      Menumbuhkan semangat keunggulan yang kompetitif;
5)      Mengembangkan dan meningkatkan kualitas secara intensif tenaga kependidikan;
6)      Menerapkan manajemen mutu (ISO 9001:2000);
7)      Memperdayakan seluruh sumber daya yang ada
8)      Melengkapi fasilitas;

         2.3.2.   Perencanaan Pendidikan
      a.       Rencana Strategis 2005 – 2009  SD 211/ IX Mendalo Darat
Rencana Startejik 2005 – 2009 SD 211/ IX Mendalo Darat mencakup Tujuan, Sasaran, dan Kebijakan tentang:
1) Organisasi dan Manajemen,
2) Tenaga Kependidikan (SDM),
3) Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),
4) Kesiswaan,
5) Fasilitas,
6) Lingkungan Sekolah,
7) Hubungan Industri, dan
8) Unit Produksi.
      b.      Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) 2005 – 2009 SD 211/ IX Mendalo Darat meliputi:
      1)      Proyeksi Pengembangan Siswa, Proyeksi Pengadaan Dokumen Kurikulum, Proyeksi Pengembangan Tenaga Kependidikan/Guru;
      2)      Proyeksi Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan/Guru;
      3)      Proyeksi Pengembangan Tenaga Tata Usaha;
      4)      Proyeksi Pengembangan Perangkat Sistem Pengolahan Data (Sistem Informasi Manajemen) Sekolah;
      5)      Proyeksi Pengembangan Perpustakaan Sekolah

          2.3.3.   Akreditasi Sekolah
Untuk menetapkan kualifikasi kinerja sekolah dalam tingkatan kualifikasi dan standar pendidikan Dasar maka telah di akreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jambi pada tanggal 17 Desember 2008
Hasil akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jambi tertuang dalam Keputusan Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Jambi Nomor 01/SK/BASDA/XII/2007 tentang Penetapan Hasil Akreditasi SD/MI Tahun 2007 Provinsi Jambi

2.3.5.  Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
 SD 211/IX Mendalo Darat telah melaksanakan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang terkomputerisasi sebagai pangkalan data (database). Adapun pangkalan data (database) pada Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM-P)  SD 211/IX Mendalo Darat meliputi:
a.       Pangkalan Data Urusan Kepegawaian, Administrasi, Keuangan, dan Sarana Prasarana di Ruang Tata Usaha
b.      Pangkalan Data Bidang Kesiswaan di Ruang  Kepala Sekolah;
2.4.     Analisis SWOT Tentang Sarana dan Prasarana
Fasilitas Pendidikan
(Sarana/
Prasarana)
Strength (S)
(Kekuatan)
Weakness (W)
(Kelemahan)

·      Tersedianya fasilitas yang cukup memadai
·      Tersedianya peralatan dan perabot yang cukup
·      Sarana pendukung KBM cukup memadai
·      Infrastruktur sesuai kebutuhan
·      Ruang komputer belum menggunakan AC
·      Cafetaria belum dimanfaatkan secara optimal
·      Tidak mempunyai lapangan olahraga
·      Beberapa peralatan out of date /  usang















2.4.1  Lingkungan Strategik Internal  (ALI)
Fasilitas Pendidikan
(Sarana/
Prasarana)
Strength (S)
(Kekuatan)
Weakness (W)
(Kelemahan)

·      Tersedianya fasilitas yang cukup memadai
·      Tersedianya peralatan dan perabot yang cukup
·      Sarana pendukung KBM cukup memadai
·      Infrastruktur sesuai kebutuhan
·      Ruang komputer belum ada
·      Cafetaria belum dimanfaatkan secara optimal
·      Tidak mempunyai lapangan olahraga
·      Beberapa peralatan out of date /  usang
2.5.   Sarana dan Fasilitas Pendidikan di SD 211/1X MD
   2.5.1.   Sumber Belajar
Data Luas Area dan Bangunan
Area/ Lahan Sekolah
Luas (M2)
Status Kepemilikan
Luas Lahan Seluruhnya
8.689,50
Pemerintah
Luas Lahan Bangunan
4.297,00
Pemerintah
Luas Lahan Tanpa Bangunan
4.392,50
Pemerintah

Data Sarana Utama Sumber Belajar
No.
Jenis Sumber Belajar
Jumlah
Luas Ruangan
M2
Kondisi
Tidak Ada
Baik
Kurang Baik
1.
Ruang Belajar






a.       Ruang Teori
10
63.00
ü
-
-

b.      Perpustakaan
2
45.00
ü
-
-

2.5.Sarana Penunjang
                                     Data Sarana Penunjang
No.
Jenis Sarana
Jumlah
Luas Ruangan
M2
Kondisi
Tidak Ada
Baik
Kurang Baik
1.
Ruang Tata Usaha
1
48.00
ü
-
-
2.
Ruang Kepala Sekolah
1
48.00
ü
-
-
3.
Ruang uks
1
12.00
ü
-
-
4.
Ruang Guru
1
96.00
ü
-
-

2.5.3Prasarana          
Data Prasarana (Infrastruktur)
No.
Jenis Prasarana
Keberadaan
Fungsi
Ada
Tidak Ada
Baik
Tidak Baik
1.
Instalasi Air Bersih
ü
-
ü
-
2.
Jaringan Listrik
ü
-
ü
-
3.
Jaringan Telepon
ü
-
ü
-

2.5.4Media Komunikasi

                                        Data Media Komunikasi Sekolah
No.
Jenis Media
Keberadaan
Fungsi
Ada
Tidak Ada
Baik
Tidak Baik
1.
Majalah Dinding
ü
-
ü
-
2.
Majalah Sekolah
-
ü
-
-
3.
Koran Sekolah
-
ü
-
-
4.
Jurnal
-
ü
-
-
5.
Brosur Sekolah
ü
-
ü
-
6.
CD Profil Sekolah
ü
-
ü
-








BAB III
Penutup
3.1 Simpulan
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) merupakan sistem informasi berbasis teknologi yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat  organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi secara efektif dan pengendalian.
Sistem informasi manajemen pendidikan dalam bahasan ini mengedepankan aspek sarana/ prasarana sebagai fasilitas pendidikan untuk menunjang Proses Belajar Mengajar.
 Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMP) pada  SD 211/IX Mendalo Darat dirancang melalui suatu analisis pengembangan organisasi dengan analisis strategik yang menyeluruh dan terpadu terhadap faktor intern dan ekstern ; SWOT (Strenght/Kekuatan,Weakness/Kelemahan,Opportunity/Peluang,Threat/Ancaman) yang terus mengalami perubahan.
Suatu rancang bangun Sistem Manajemen pendidikan di suatu sekolah sesungguhnya haruslah terintegrasi dengan beberapa komponen yang lain yang telah terkonsep dan diharapkan dapat menjadi acuan/ blueprint dalam pengembangan SIMP  pada aspek sarana/prasarana yang lebih terarah dan memenuhi standar kelayakan pemenuhan suatu sarana/prasarana khususnya dalam  bidang pendidikan.


DAFTAR PUSTAKA

SIMP. 2010.  SD 211/IX Mendalo Darat. File Akreditasi Sekolah.
RIPS.2010.  SD 211/IX Mendalo Darat Tahun 2010-2014.
RENSTRA. 2009.  SD 211/IX Mendalo Darat Tahun 2009-2014. Rencana Strategis (School Strategic Plan).
McLeod & Schell.1995.  Sistem Informasi Manajemen. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.
Stoner, James.1982. Management: Studi Guide and Workbook. America.Prentice-Hall Publishers.
David et al. 2010. Strategic Information Systems Mangement. Cengange Learning Publishers.





























Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF & KREATIF Serta langkah-langkahnya

CONTOH PROGRAM PERBAIKAN & PENGAYAAN SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013

RIAK GELOMBANG DIBALUT LARA oleh Helma herwati