CONTOH PROGRAM PERBAIKAN & PENGAYAAN SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013
CONTOH PROGRAM PERBAIKAN
Sekolah
: SD 211/IX MENDALO DARAT
Kelas /
Semester
: III / Genap
Tema I
: Menjaga Kelestarian Lingkungan
Ulangan Harian
ke
: 2
Tanggal Ulangan Harian
: 4 Februari 2014
Bentuk Soal
UH
: Uraian
Materi UH
(KD/Indikator) : 4.2
Menjelaskan perbedaan lingkungan sehat
dan tidak sehat
Rencana Ulangan Rem :
8 Januari 2014
KKM : 70
KKM : 70
No.
|
Nama
Siswa
|
Nilai
Ulangan
|
Indikator
yang tidak dikuasai
|
Bentuk
Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
|
Nomor
Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
|
Nilai
Tes Rem
|
Ket.
|
(
1 )
|
(
2 )
|
(
3 )
|
(
4 )
|
(
5 )
|
(
6 )
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
ANI
|
65
|
2,
3
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan
tugas Individu
|
1,
2, 3, 4
|
85
|
Tuntas
|
2.
|
BUDI
|
68
|
3
|
Diberikan Tugas khusus
|
3,
4
|
98
|
Tuntas
|
3.
|
Dst…………
|
Jambi 4 februari 2014
Guru
kelas 3
Helma Herawati, M.Pd
NIP
10700207 199204 2 001
Keterangan :
1. Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan
1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
Misalnya :
Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh
hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya dari siswa
yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas
ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse memperoleh nilai setelah remidial
masing-masing 70 (batas ketuntasan).
Bentuk
Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1. Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian
bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau
mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian tugas-tugas
atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan
dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk
penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a.
Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b.
Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema,
grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c. Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program
remedial
a. Program remedial
diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tuntas.
b. Program remedial dilaksanakan setelah
mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam satu
kesatuan
Teknik
pelaksanaan penugasan/pembelajaran remedial:
1. Penugasan
individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang
mengikuti remedial maksimal 20%.
2. Penugasan kelompok diakhiri dengan tes
individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi
lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes
individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih
dari 50 %.
CONTOH PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah
: SD 211/IX MENDALO DARAT
Kelas /
Semester
: III / Genap
Tema I
: Menjaga Kelestarian Lingkungan
Ulangan Harian
ke
: 2
Tanggal Ulangan Harian
: 4 Februari 2014
Bentuk Soal
UH
: Uraian
Materi UH
(KD/Indikator) : 4.2
Menjelaskan perbedaan lingkungan sehat
dan tidak sehat
Rencana Ulangan Rem :
8 Januari 2014
KKM : 70
KKM : 70
No.
|
Nama
Siswa
|
Nilai
Ulangan
|
Bentuk
Pengayaan
|
1.
|
aser
|
90
|
|
2.
|
zaki
|
100
|
|
Dst ……………..
|
Jambi 4 februari 2014
Guru kelas 3
Helma Herawati, M.Pd
NIP 10700207 199204 2 001
Pelaksanaan Program Pengayaan
1. Cara yang dapat
ditempuh:
a. Pemberian bacaan
tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b. Pemberian tugas untuk
melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c.
Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.
Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2.
Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.
Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator
yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa
pengembangan materi
b.
Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
1. setelah mengikuti tes/ulangan
KD tertentu atau kesatuan KD tertentu, dan atau
2. pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat
tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan
kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
BalasHapusdan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((0823 1366 9888))) Atau insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.
dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
1"Dikejar-kejar hutang
2"Selaluh kalah dalam bermain togel
3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
KLIK DISINI 4d 5d 6d
ايهما اولى بالشرك يا رسول الله؟ المرمى او الرامى؟ فقال الرامى
•
Solusi yang tepat jangan anda putus asah.... AKI ALIH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI ALIH: (((0823 1366 9888)))
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos
terimakasih bu guru
BalasHapusterimakasih bu guru
BalasHapusterima kasih artikel bagus memberi pengetahuan izin copy
BalasHapusterimakasih ya artikelnya.
BalasHapus