CONTOH PROGRAM PERBAIKAN & PENGAYAAN SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013



CONTOH PROGRAM PERBAIKAN

Sekolah                                 :   SD 211/IX MENDALO DARAT
Kelas / Semester                   :     III / Genap
 Tema I                                 :      Menjaga Kelestarian Lingkungan  
Ulangan Harian  ke                :     2
Tanggal Ulangan Harian         :    4 Februari 2014
Bentuk Soal UH                    :     Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2  Menjelaskan perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat
Rencana Ulangan Rem         :     8 Januari 2014
KKM                                    :     70

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
ANI
65
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1, 2, 3, 4
85
Tuntas
2.
BUDI
68
3
Diberikan Tugas khusus
3, 4
98
Tuntas
3.
Dst…………







                                                                                                                       Jambi 4 februari 2014
                                                                                                                             Guru kelas 3
                                                                                                                      Helma Herawati, M.Pd
                                                                                                             NIP 10700207 199204 2 001
Keterangan :
1.      Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
 Misalnya     :    Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
                               Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
 Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.      Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
 Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
 a.  Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
 b.  Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
 a.      Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
 b.     Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
1.      Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
2.       Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.
 

CONTOH PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah                                 :     SD 211/IX MENDALO DARAT
Kelas / Semester                   :     III / Genap
 Tema I                                 :   Menjaga Kelestarian Lingkungan  
Ulangan Harian  ke                :     2
Tanggal Ulangan Harian         :    4 Februari 2014
Bentuk Soal UH                    :     Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2  Menjelaskan perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat
Rencana Ulangan Rem         :     8 Januari 2014
KKM                                    :     70


No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1.
aser
90

2.
zaki
100

Dst ……………..

 
Jambi 4 februari 2014
Guru kelas 3

Helma Herawati, M.Pd
NIP 10700207 199204 2 001


Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.

2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
1.  setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
2. pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.

Komentar

  1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((0823 1366 9888))) Atau insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
    juta, wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....




    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..



    KLIK DISINI 4d 5d 6d





    ايهما اولى بالشرك يا رسول الله؟ المرمى او الرامى؟ فقال الرامى


    Solusi yang tepat jangan anda putus asah.... AKI ALIH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI ALIH: (((0823 1366 9888)))


    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/


    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/


    angka GHOIB; malaysia


    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/


    angka GHOIB; laos




    BalasHapus
  2. terima kasih artikel bagus memberi pengetahuan izin copy

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF & KREATIF Serta langkah-langkahnya

RIAK GELOMBANG DIBALUT LARA oleh Helma herwati