RPP temarik kelas 2, tema 2 sub tema 1, pb 5 SESUSAI DG BUKU TEMATIK REVISI 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD
JETIS 1
Kelas / Semester :
II/1
Tema :
Bermain di lingkungan ku (Tema 2)
Sub Tema : Bermain di lingkungan rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu :1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
B I
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menguraikan kosa kata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui tekstulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan
|
·
Menyebutkan
minimal 10
kosa kata tentang keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia
·
menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
|
4.2
Melaporkan penggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang tepat atau
bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan
wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
|
·
menuliskan
hasil pengamatan
tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual
|
PPKn
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
2.1 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
-
|
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata
tertib yang berlaku disekolah.
|
-
|
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.
|
·
mengelompokkan
berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan
benar.
·
mengelompokkan
berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dengan benar.
|
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang
berlaku disekolah.
|
· mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di
rumah dengan benar
|
PJOK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainan
sederhana dan atautradisional.
|
·
menjelaskan
prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.
|
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotorsesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainansederhana dan atau tradisional.
|
·
mempraktikkan
variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.
|
C.
TUJUAN
1. Dengan melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda,
siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa
dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
3. Dengan mengamati guru mendemonstrasikan permainan “Kepala
Pundak Lutut Kaki”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa
berpindah tempat dengan benar.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi
gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.
5. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan
berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
denganbenar.
6. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan
berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dengan benar.
7. Dengan berdiskusi bersama orang tua di rumah, siswa dapat
mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
1.
Mempersiapkan
media/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, (tulisan yang besar
dan mudah dilihat/dibaca di kertas karton dan dapat juga menggunakan multimedia
berbasis ICT atau media lainnya).
2. guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, dan kerapian
berpakaian. Posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Guru
menyapa peserta didik
3. membaca buku dari perpustakaan, memotivasi siswa
untuk bertanya tentang isi bacaan
4. Guru mengajukan pertanyaan
secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
5. Guru Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti:
1.
Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan
mengamati dan membaca teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas” dengan teman sebangkunya.
2.
Kemudian, dua orang siswa diminta
membacakan teks percakapan tersebut ke depan kelas, sedangkan siswa lain
diarahkan untuk mendengarkan.
3.
Siswa menceritakan isi teks percakapan dengan
menggunakan bahasa sendiri.
4.
Siswa dan guru melakukan tanya jawab
tentang isi teks percakapan.
5.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan
teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”.
6.
Siswa saling bertukar pikiran dari
jawaban yang telah ditulis.
7.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
yang terdiri atas 4-5 orang.
8.
Siswa melakukan percobaan berdasarkan
langkah kerja yang ada pada buku siswa.
9.
Siswa melakukan pengamatan terhadap
percobaan yang dilakukan, kemudian menuliskan hasil pengamatan dan simpulan
dari kegiatantersebut.
10.
Hasil pengamatan masing-masing kelompok
dibacakan di depan kelas secara bergantian.
11.
Masing-masing kelompok diarahkan untuk saling
memberikan tanggapan maupun saran atas hasil pengamatan yang dibacakan
12.
Siswa mendengarkan guru membaca teks
“Meniup Balon”.
13.
Siswa menyebutkan isi teks bacaan yang
telah didengar.
14.
Beberapa orang siswa menceritakan isi
teks tersebut menggunakan bahasa sendiri.
15.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan
teks bacaan “Meniup Balon”.
16.
Siswa saling bertukar pikiran dari
jawaban yang telah ditulis.
17.
Siswa menceritakan kembali secara lisan
isi teks “Meniup Balon”
18.
Siswa mengamati gambar Beni dan
teman-teman yang sedang bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.
19.
Siswa bertanya jawab tentang gambar dan
mendengarkan guru menjelaskan aturan dalam bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.
20.
Siswa dibimbing melakukan permainan
tersebut.
21.
Siswa menceritakan pengalamannya setelah
mengikuti permainan
22. Siswa
membaca teks pendek tentang aturan di rumah.
23. Siswa
diarahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait teks yang telah
dibaca.
24. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang aturan di rumah.
25. Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dan
tidak boleh dilakukan
dengan
memberi tanda centang pada tabel yang
ada di buku siswa
kegiatan akhir
1.
Menanyakan manfaat
pembelajaran yang baru diselesaikan
2.
Menanyakan kesulitan dalam
melakukan aktivitas pembelajaran
3.
Menyimpulkan hasil
pembelajaran
4.
Memberi tugas:
-
Siswa berdiskusi dengan orang tua
tentang aturan yang ada di rumah.
-
Berdasarkan diskusi yang telah
dilakukan, siswa menuliskan aturan yang
ada di rumahnya.
-
Siswa diarahkan untuk membiasakan
mematuhi aturan di rumah.
5.
Menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
6.
Salam dan doa penutup.
E. MATERI
F.
Media dan Alat Pembelajaran
1. Teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”
2. Alat dan bahan kegiatan percobaan (balon dan kantong plastik
bening)
3. Teks bacaan “Meniup Balon”
4. Gambar Beni dan teman-teman bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki
G. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1.
Penilaian Kinerja.
2.
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala SD NEGRI JETIS 1
NUNIK HARINI LESTARI,S.Pd
NIP 19600331 197212 2 003
|
|
Yogyakarta, 15 Januari
2017
Guru Kelas II A
HELMA HERAWATI, M.Pd
NIP 19700207 199204 2 001
|
NB:
Bagi rekan-rekan yg berminat bisa
pesan via e-mail helma.herawati@gmail.com
Komentar
Posting Komentar