RPP TEMATIK kelas 2, tema 2, sub tema 1, pb 5







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan      : SD JETIS 1
Kelas / Semester          : II/1   
Tema                           : Bermain di lingkungan ku (Tema 2)
                      Sub Tema                      : Bermain di lingkungan rumah (Sub Tema 1)
                      Pembelajaran ke            : 5
Alokasi waktu             :1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

B I

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menguraikan kosa kata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui tekstulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
·         Menyebutkan minimal 10 kosa kata tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia 
·         menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar
.

4.2 Melaporkan penggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

·      menuliskan hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual



PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

-

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku disekolah.

-
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

·       mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
·       mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku disekolah.

·       mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar


PJOK

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Memahami variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atautradisional.

·         menjelaskan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.

4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotorsesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainansederhana dan atau tradisional.

·         mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.






C.    TUJUAN


1. Dengan melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
3. Dengan mengamati guru mendemonstrasikan permainan “Kepala Pundak Lutut Kaki”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.
5. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah denganbenar.
6. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
7. Dengan berdiskusi bersama orang tua di rumah, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar


D.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
1.      Mempersiapkan media/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca di kertas karton dan dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya).
2.      guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, dan kerapian berpakaian. Posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Guru menyapa peserta didik
3.      membaca buku dari perpustakaan, memotivasi siswa untuk bertanya tentang isi bacaan
4.      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
5.      Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan inti:
1.      Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati dan membaca teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas” dengan teman sebangkunya.
2.      Kemudian, dua orang siswa diminta membacakan teks percakapan tersebut ke depan kelas, sedangkan siswa lain diarahkan untuk mendengarkan.
3.       Siswa menceritakan isi teks percakapan dengan menggunakan bahasa sendiri.
4.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang isi teks percakapan.
5.      Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”.
6.      Siswa saling bertukar pikiran dari jawaban yang telah ditulis.
7.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
8.      Siswa melakukan percobaan berdasarkan langkah kerja yang ada pada buku siswa.
9.      Siswa melakukan pengamatan terhadap percobaan yang dilakukan, kemudian menuliskan hasil pengamatan dan simpulan dari kegiatantersebut.
10.  Hasil pengamatan masing-masing kelompok dibacakan di depan kelas secara bergantian.
11.   Masing-masing kelompok diarahkan untuk saling memberikan tanggapan maupun saran atas hasil pengamatan yang dibacakan
12.  Siswa mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”.
13.  Siswa menyebutkan isi teks bacaan yang telah didengar.
14.  Beberapa orang siswa menceritakan isi teks tersebut menggunakan bahasa sendiri.
15.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan “Meniup Balon”.
16.  Siswa saling bertukar pikiran dari jawaban yang telah ditulis.
17.  Siswa menceritakan kembali secara lisan isi teks “Meniup Balon”
18.  Siswa mengamati gambar Beni dan teman-teman yang sedang bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.
19.   Siswa bertanya jawab tentang gambar dan mendengarkan guru menjelaskan aturan dalam bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.
20.  Siswa dibimbing melakukan permainan tersebut.


Rounded Rectangle: Cara Bermain Kepala Pundak Lutut Kaki
a. Ajak siswa membuat suatu lingkaran, dengan guru berada di tengahtengahnya.
b. Guru memimpin permainan dengan bernyanyi lagu “Kepala, pundak, lutut, kaki” sambil membuat gerakan sesuai lirik lagunya. Kemudian, minta siswa untuk mengikuti gerakan guru.
c. Ketika siswa sudah mulai hafal, berikan mereka 2-3 instruksi yang berbeda atau buat variasi lirik yang lainnya, misalnya, “Kepala, pundak kanan, kaki tendang depan belakang” dan sebagainya.
d.  Permainan juga bisa divariasikan dengan melakukan gerakan yang tidak sesuai dengan lirik lagu misalnya: “kepala” namun guru memegang “kaki”. Dalam hal ini siswa tetap diarahkankan melakukan gerakan sesuai lirik lagu. Tujuannya untuk melatih konsentrasi siswa.
e.  Setelah mengulang permainan beberapa kali, mintalah siswa untuk bergantian menjadi pemimpin. Ajak mereka untuk menciptakan gerakan yang lebih sulit.
 














21.  Siswa menceritakan pengalamannya setelah mengikuti permainan
22.  Siswa membaca teks pendek tentang aturan di rumah.
23.  Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait teks yang telah
dibaca.
24.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang aturan di rumah.
25.   Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan
dengan memberi tanda centang  pada tabel yang ada di buku siswa

kegiatan akhir
1.      Menanyakan manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
2.      Menanyakan kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
3.      Menyimpulkan hasil pembelajaran
4.      Memberi tugas:
-          Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang aturan yang ada di rumah.
-          Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, siswa menuliskan aturan yang
ada di rumahnya.
-          Siswa diarahkan untuk membiasakan mematuhi aturan di rumah.
5.      Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
6.      Salam dan doa penutup.

E.     MATERI


Rounded Rectangle: Meniup Balon
Balon terbuat dari bahan karet.
Karet bersifat lentur dan elastis.
Saat kita meniup balon, udara masuk ke dalam balon.
Balon yang kita tiup akan menggelembung.
Udara akan menekan balon ke segala arah.
Udara dalam balon akan menyesuaikan dengan bentuk balon.
Begitu juga dengan kantong plastik.
Artinya, bentuk udara mengikuti bentuk wadahnya.
 













F.     Media dan Alat Pembelajaran
1. Teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”
2. Alat dan bahan kegiatan percobaan (balon dan kantong plastik bening)
3. Teks bacaan “Meniup Balon”
4. Gambar Beni dan teman-teman bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki
G.    PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1.      Penilaian Kinerja.
2.      Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala SD NEGRI JETIS 1


NUNIK HARINI LESTARI,S.Pd
NIP 19600331 197212 2 003

Yogyakarta, 15 Januari  2017        
Guru  Kelas II A


HELMA HERAWATI, M.Pd
NIP 19700207 199204 2 001





 NB
 Bagi rekan-rekan yg berminat bisa pesan via e-mail helma.herawati@gmail.com















































 





























 








 














2




1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF & KREATIF Serta langkah-langkahnya

CONTOH PROGRAM PERBAIKAN & PENGAYAAN SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013

RIAK GELOMBANG DIBALUT LARA oleh Helma herwati