SIMP : SISWA DAN LULUSAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Dewasa ini sudah tidak dapat dipungkiri
bahwa informasi merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling dasar dan tidak
bergantung lagi pada strata ekonomi manusia tersebut. Batasan-batasan negara
pun sudah semakin kabur, sehingga alternatif komunikasi bukan lagi terletak
pada sistem komunikasi jarak jauh berbasiskan telepon. Hal ini disebabkan
karena telepon masih memiliki batasan-batasan jarak dalam biaya persatuan
waktunya, artinya biaya yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan seseorang
yang sekota akan berbeda dengan seseorang berlainan kota, apalagi bila
berlainan negara.
Alternatif komunikasi saat ini yang dapat
mengatasi batasan–batasan itu yang termurah adalah dengan penggunaan jaringan
komputer internasional yang disebut internet. Sebagian besar informasi yang
dibutuhkan dapat diperoleh melalui internet. Perusahaan-perusahaan di seluruh
dunia menampilkan profil dan memasang iklan di internet. Transaksi jual-beli
dan perbankan juga sudah memanfaatkan fasilitas internet untuk menjalankan
transaksinya.
Selain itu Sebuah organisasi sangat memerlukan informasi yang dapat
menunjang dalam pengambilan sebuah keputusan . Data yang diproses menjadi
informasi juga diperlukan untuk sebuah perencanaan dalam informasi sehingga
dapat terencana dengan tepat, efektif dan efisien. Jadi informasi yang
akurat sangat penting bagi perencanaan dan keputusan dalam organisasi.
Informasi, data, fakta,
atau opini dalam suatu organisasi dapat berlangsung dari atas ke bawah atau
sebaliknya dan dapat pula berlangsung secara horizontal. Lalu lintas informasi
tersebut dapat berlangsung sewaktu-waktu dengan frekuensi tinggi atau rendah.
Intensitas informasi tersebut belum tentu cocok dengan kebutuhan suatu
organisasi dan bidang tertentu, terlebih bila informasi-informasi yang ada
menumpuk dan tercampur baur. Maka untuk penertibannya dibutuhkan suatu
perangkat khusus yang dapat menanganinya. Perangkat tersebut dikenal dengan
Sistem Informasi Manajemen (SIM).
Secara umum SIM didefinisikan
sebagai sistem yang menyediakan informasi yang digunakan untuk mendukung
operasi, manajemen, serta pengambilan keputusan sebuah organisasi. SIM juga
dikenal dengan ungkapan lainnya seperti: “Sistem Informasi”, “Sistem Pemrosesan
Informasi”, “Sistem Informasi dan Pengambil Keputusan”. SIM menggambarkan suatu
unit atau badan yang khusus bertugas untuk mengumpulkan berita dan memprosesnya
menjadi informasi untuk keperluan manajerial organisasi dengan memakai prinsip
sistem.
Banyak sekali manfaat yang dirasakan
bila terdapat sistem informasi yang baik, diantaranya adalah pencarian data
dapat dilakukan dengan mudah, pengelolaan data menjadi lebih efesien, tidak ada
duplikasi data dan lain sebagainya.
Secara ideal, lembaga pendidikan seharusnya
memiliki Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang merupakan suatu unit atau badan
tersendiri lengkap dengan susunan petugasnya. Menurut Murdick, SIM untuk
meningkatkan manajemen yang didasarkan kepada berita-berita, intuisi, dan
pemecahan masalah yang terisolasi kepada manajemen yang didasarkan pada
informasi secara sistem, pemrosesan data secara sempurna dengan alat-alat yang
canggih dan pemecahan masalah secara sistem.
SIMP dikembangkan secara terpadu
dimulai dari proses operasional pendaftaran siswa baru, proses akademik,
pengelolaan keuangan, sampai operasional siswa menjadi alumni. SIMP dirancang
berdasarkan UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 dan sesuai dengan Permendiknas
No. 19 Tahun 2007 tentang 8 Standar Nasional Pendidikan. Segala kebutuhan
pelaporan dari sekolah ke Dinas Pendikan Daerah maupun untuk
kebutuhan Kementerian Pendidikan dapat dilakukan dengan mudah. Dengan
adanya SIMP manajemen pendidikan menjadi lebih mudah dan terkontrol.
Ruang Lingkup SIMP tentang siswa dan
lulusan meliputi pengelolaan data individual kesiswaan, meliputi
informasi tentang pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus
kedisiplinan, data kesehatan, data periksa, prestasi, perpindahan (mutasi)
siswa, sampai pengelolaan data alumni. Pengelolaan Akademik siswa yaitu
Laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data absensi, data
kasus siswa, dan prestasi akademik. Dan Pelaporan yang meliputi
Pelaporan siswa (induk siswa, kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa) per
siswa, per kelas dan seluruh siswa, nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke
DEPDIKNAS (data siswa)
Pengelolaan sistem informasi
manajemen pendidikan pada SD N 211/IX Mendalo Darat saat ini masih dikelola
dengan cara manual atau konvernsional. Dengan cara pengelolan yang demikian
informasi yang dibutuhkan pihak yang berkepentingan dan masyarakat seringkali
lambat didapatkan, atau bahkan data yang ada tidak akurat dan tidak up to
date. Terutama data-data yang berkaitan dengan siswa dan lulusan. Hal ini
dapat menjadi hambatan dalam perencanaan, pengelolaan, dan pengambilan
keputusan.
Berdasarkan
hal yang dikemukakan di atas, penulis merancang dan membangun suatu sistem
informasi yang berjudul: “Rancang Bangun Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan Tentang Siswa Dan Lulusan di SD N 211/IX Mendalo
Darat
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah diungkapkan sebelumnya, maka pokok permasalahan yang
dibahas dalam makalah ini adalah :
1.
Bagaimana merancang SIMP tentang
siswa dan lulusan meliputi pengelolaan
data individual kesiswaan, pengelolaan akademik siswa dan
pelaporan
kelulusan siswa di
SD 211/IX Mendalo Darat ?
2. Bagaimana
aplikasi yang dibangun dapat menjawab kebutuhan informasi yang berkaitan dengan
siswa dan kelulusan,
statistik dan laporan ke DEPDIKNAS ?
1.3
Tujuan
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini adalah Untuk :
1.
Merancang SIMP tentang siswa dan lulusan di
SD 211/IX Mendalo Darat, meliputi pengelolaan
data individual kesiswaan, pengelolaan akademik siswa dan
pelaporan
kelulusan
2.
Menjawab
kebutuhan informasi yang berkaitan dengan siswa dan kelulusan, statistik dan
laporan ke DEPDIKNAS (data siswa)
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Rancang
Bangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan tentang Siswa dan Lulusan
Sistem informasi manajemen
pengelolaan siswa dan lulusan dirancang untuk menyediakan informasi yang
berhubungan dengan data dan kondisi siswa dan data lulusan.
Manfaat Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan tentang siswa dan lulusan, antara lain : Memperkenalkan dunia IT
secara dini kepada siswa, Informasi alumni, siswa lulus, siswa DO, siswa
meninggal dunia akan tercatat data Historynya, mempermudah proses akumulasi
nilai ; nilai harian, nilai tengah semester, nilai akhir semester, Pembuatan
transkip nilai baik berupa raport maupun print out biasa, Wali kelas dapat
mengontrol hasil akademik siswanya secara mudah dan cepat, Proses penerimaan
siswa baru akan semakin cepat dan akurat, dan Jurnal informasi penerimaan siswa
baru akan otomatis terbentuk,
Laporan statistik berdasarkan Nilai,
Jenis Kelamin, Umur, Pekerjaan, Orang Tua, Alamat asal akan terbentuk otomatis,
dan Mempermudah proses penyusunan laporan tentang siswa secara akurat yang
diminta oleh pihak Dinas Pendidikan.
Sumber informasi yang demikian
banyak tersebut harus dikelola secara baik dan rapi, agar pengelolaan sekolah
bisa ditingkatkan menjadi sekolah yang unggul dan profesional.
Informasi yang disajikan berkaitan dengan
siswa yaitu Profil Siswa. Fasilitas untuk data-data siswa termuat dalam
Fitur-fitur:
1. Isian data
akademik siswa seperti No. Induk Siswa (NIS), kelas, Wali Kelas
2. Isian
biodata siswa, seperti nama lengkap, tempat dan tgl lahir, jenis kelamin, agama,
alamat, golongan darah, telepon, dll.
3. Isian biodata orang tua siswa, meliputi data
ayah dan ibu siswa.
4. Khusus untuk siswa pindahan, tersedia isian
sekolah asal, No. Induk Siswa asal.
5. Perubahan
data dapat dilakukan sendiri oleh siswa bersangkutan.
6. Isian
data prestasi akademik siswa
7. Isian data
nilai siswa per mata pelajaran
8. Untuk
privasi siswa, beberapa isian seperti nomor telpon atau alamat dapat diatur
oleh yang bersangkutan agar tidak ditampilkan kepada pengunjung.
Sistem informasi kelulusan akan memberikan
informasi lulus tidaknya seorang siswa dan peringkat yang di raih oleh siswa
tersebut dalam satu kelas atau satu sekolah.
Selain itu informasi yang disajikan
berkaitan dengan lulusan yaitu Profil Alumni Sekolah. Fasilitas
ini berguna untuk data-data alumni sekolah. Selain data alumni secara otomatis
ditambah saat status data siswa dirubah menjadi alumni, alumni yang belum
tercatat juga dapat melakukan pendaftaran menggunakan blanko yang ada.
fasilitas informasi tentang lulusan terdapat dalam Fitur-fitur:
1.
Blanko pendaftaran alumni yang dapat diisi oleh
pengunjung.
Nantinya alumni yang mendaftar secara online tersebut, statusnya akan ditandai belum divalidasi pengelola, sampai pengelola merubah statusnya menjadi valid.
Nantinya alumni yang mendaftar secara online tersebut, statusnya akan ditandai belum divalidasi pengelola, sampai pengelola merubah statusnya menjadi valid.
2.
Perubahan data
dapat dilakukan sendiri oleh alumni bersangkutan.
3.
Fasilitas pencarian data alumni yang ada.
4.
Untuk privasi alumni, beberapa isian seperti nomor
telpon atau alamat dapat diatur oleh yang bersangkutan agar tidak ditampilkan
kepada pengunjung.
2.2 Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan Tentang Siswa dan Lulusan SD N 211/IX Mendalo Darat
1. Kode Proipnsi
|
: 10
|
|||||
2. Nomor Rutin
|
:10502882
|
|||||
3. Nama Sekolah
|
: SD N
211/IX Mendalo Darat
|
|||||
4. Alamat Sekolah
|
: Mendalo
Darat
|
|||||
5. Nomor Telpon
|
: 085369151570
|
|||||
6. Kode Pos
|
: 36361
|
|||||
7. Kecamatan
|
: Jambi
LuarKota
|
|||||
8. Kabupaten/ Kotamadiya
|
: Muaro Jambi
|
|||||
9. Propinsi
|
: Jambi
|
|||||
10. Wktu Penyelenggaraan
|
: Pagi
|
|||||
11. Keadaan gedung
|
: Permanen
|
|||||
12. Status Gedung
|
: Milik
Sendiri
|
|||||
13. Nomor penegerian/Pendirian/Operasional
|
: 211/M/1996
|
|||||
14. Tgl. Pendirian/Penegerian/Operasional
|
: 16 Mei
1995
|
|||||
15. Status Sekolah
|
:Negeri
|
B.
Visi.
Visi yang ditetapkan pada SD 211/IX
Mendalo Darat adalah ”Unggul dalam mutu, berlandaskan kebersamaan dan berbudi luhur”
Keunggulan dalam mutu dengan
indikator yang mencerminkan profil sekolah, yaitu:
Ungul dalam prestasi akademik
Unggul dalam prestasi ekstra kurukuler
Unggul dalam kedisiplinan dan ketertiban
Unggul dalam Bidang keagamaan
Unggul dalam budaya bersih dikalangan siswa, guru, dan karyawan
Unggul dalam pengelolaan manajemen sekolah
Azas kebersamaan dan budi pekerti yang luhur sebagai landasan dalam
aspek kehidupan warga sekolah sehari-hari.
C.
Misi
Untuk mewujwudkan Visi tersebut,
perlu dilakukan suatu Misi berupa
1. kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Adapun Misi yang dirumuskan berdasarkan Visi di atas adalah :
Unggul
dalam prestasi akademik, dirumuskan misi sebagai berikut:
a. Mencipatakan kegairahan belajar dan semangat keunggulan dalam pendidikan
untuk mencapai prestasi akademik dengan kenaikan rata-rata 0,25 dari tahun
sebelumnya
b. Menyiapkan siswa untuk dapat
melanjutkan ke SMP sebesar 40%
c. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga dapat mengembangkan
daya, karya, dan inovasi siswa.
d. Mendorong siswa dalam kreatifitas matematika, Olimpiade Sain, dan LCC
2. Unggul dalam Prestasi ekstrakurikuler,
dengan misi sebagai berikut:
a.
Menjadikan
sekolah sebagai pusat seni dan budaya yang dapat membawa nama baik sekolah
ditingkat Kabupaten dan propinsi Jambi. Terutama seni tari, musik, sastra baik
tradisi maupun modern.
b.
Menjadikan SD N 211/IX
Mendalo Darat sebagai arena untuk menumbuhkan
sikap cerdas dan sportif serta sehat jasmani dan rohani dengan mengembangkan olah raga. Terutama pada cabang-cabang olah raga bola kaki, futsal, bulu tangkis, dan catur.
3. Unggul dalam kedisplinan, dengan misi sebagai berikut:
a.
Membudayakan
kedisiplinan penggunaaan waktu,dan pelaksanaan tugas oleh masyarakat sekolah
(Siswa, pendidik
dan tenaga kependidikan)
b.
Membudayakan
kedisiplinan berpakaian bagi warga sekolah yang telah ditetapkan sekolah dan
sesuai dengan norma-norma kesopanan.
c.
Membudayakan
kedisiplinan dan ketaatan terhadap peraturan sekolah bagi warga sekolah.
4. Unggul dalam Bidang Keagamaan.
a.
Menumbuhkan
penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sehingga menjadi sumber kearifan
dalam prilaku.
b.
Melaksanakan
sholat berjemaah di Mushola Sekolah/ pendopo
c.
Melaksankan
Kultum Jum’at
d.
Memperingati hari besar agama melalui berbagai
lomba keagamaan
5. Unggul dalam Budaya bersih dengan indicator Menanamkan budaya bersih
terhadap warga sekolah agar tercipta suasana sekolah yang asri.
6. Unggul dalam Pengelolaan Manajemen, dengan indikator sebagai berikut:
a.
Tertib
administrasi pendidikan tingkat sekolah dan tingkat kelas.
b.
Menerapkan pola
manajemen terbuka.
D. Tujuan SD N 211/IX Mendalo Darat
Tujuan yang akan dicapai pada
tahun pelajaran 2012/2013
1. Pada tahun pelajaran 2013/2014 peningkatan skor (GSA) minimal + 0,25
2. Pada tahun pelajaran 2013/2014 memiliki Tim bola kaki, sfood sal di tingkat kabupaten dan provinsi.
3. Pada tahun pelajaran 2013/2014 mampu mengikuti sertakan olimpiade , LCC sampai
ketingkat provinsi.
4. Pada tahun pelajaran 2013/2014 mengikutsertakan siswa untuk mengikuti MTQ, dan lomba keagamaan lainnya.
5. Pada Tahun Pelajaran 2013/2014dapat membentuk sanggar seni yang kreatif
E. Penerimaan
Siswa Baru
1. Persyaratan
Syarat dan ketentuan calon peserta
seleksi penerimaan siswa baru SD N 211/IX Mendalo Darat antara lain
sebagai berikut:
i.
Syarat Umum.
1. Mempunyai
ijazah TK/RA
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Berkelakuan baik
4. Usia minimal
6 tahun
5. Bersedia
mengikuti seleksi yang laksanakan oleh SD N 211/IX Mendalo Darat
ii.
Syarat Khusus
1. Mengisi
Formulir pendaftaran
2. Foto Copy Ijazah TK/RA yang telah dilegalisir
sebanyak 2 lembar
3. Foto
Copy Akte kelahiran sebanyak 2 lembar
4. Pas foto 3x4 = 2 Lembar, 2x3 = 2 lembar
2. Mekanisme
Pendaftaran
1.
Calon peserta seleksi penerimaan siswa baru mengambil
formulir di tempat yang telah disediakan.
2.
Calon peserta mengisi formulir pendaftaran secara
lengkap dan jelas
3.
Formulir pendaftaran dan berkas syarat pendaftaran
dimasukkan dalam map tulang dan diserahkan kepada petugas pendaftaran
4.
Petugas pendaftaran memeriksa kelengkapan bahan, jika
lengkap petugas mencatat identitas calon peserta seleksi ke dalam buku
pendaftaran.
5.
Petugas Pendaftaran menginformasikan tentang jadwal,
waktu dan tempat kepada calon peserta seleksi
3. Tahap
Seleksi
1.
Seleksi Administrasi
2.
Tes Skolastik/ bakat
3.
Pengumuman hasil seleksi
Hasil seleksi ditetapkan melalui Surat Keputusan
bersama antara Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah.
4.
Daftar Ulang
Bagi peserta seleksi yang dinyatakan
lulus selanjutnya melakukan regristasi (daftar ulang) dengan melengkapi berkas
antara lain:
1.
Foto Copy Ijazah
TK/ RA yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar
2.
Pas Photo 3x4 sebanyak 6 lembar
3.
Surat keterangan sehat dari dokter
4.
Mengisi Biodata
yang telah disediakan dengan benar dan jelas
5.
Mengisi
Pernyataan bersedia mengikuti tata-tertib sekolah dan ditandatangani mengetahui orang tua/wali.
6.
Berkas Nomor 1 s/d 6 dimasukkan ke dalam map plastik
warna biru.
5.
Masa Orientasi Siswa Baru
1.
Setiap calon siswa yang sudah dinyatakan lulus dan
telah melakukan daftar ulang wajib mengikuti orientasi.
2.
Orientasi bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan
sekolah kepada siswa kelas 1.
3.
Masa Orientasi Siswa SD dilaksanakan di awal tahun
ajaran baru selama 1 minggu.
F. Pelaksanaan
Pendidikan
1. Masa Pendidikan
Masa pendidikan pada SD N 211/IX
Mendalo Darat pada prinsipnya sama dengan masa pendidikan SD lainnya yaitu selama 6 tahun.
2. Struktur Kurikulum
Struktur
kurikulum SD N 211/IX Mendalo Darat meliputi substansi pembelajaran yang di
tempuh dalam satu jenjang pendidikan selama 6 tahun, kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan
ketentuan sebagai berikut :
a.
Kurikulum SD N 211/IX Mendalo Darat memuat 8 mata pelajaran wajib, muatan lokal, dan pengembangan diri.
b.
Muatan lokal
merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan
dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keuggulan daerah, materinya tidak
dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal
ditentukan oleh SD N 211/IX Mendalo Darat.
c.
Pengembangan
diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan
dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap
peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di
fasilitasi atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang
dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Struktur kurikulum SD N 211/IX
Mendalo Darat disajikan pada Tabel 1
Tabel 1. Struktur Kurikulum SD 211/IX Mendalo Darat
Komponen
|
Alokasi Waktu
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|
A. Mata Pelajaran
|
||
1.
Pendidikan Agama
|
4
|
4
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
7
|
7
|
4.
Matematika
|
7
|
7
|
5.
IPA
|
5
|
5
|
6. IPS
|
4
|
4
|
SBK
|
4
|
4
|
14. Pendidikan Olahraga
dan Kesehatan
|
44 4
|
4
|
B. Muatan
Lokal
1. IQRA’
2. PLH
|
2
2
|
2
2
|
C. Pengembangan Diri
|
||
Jumlah
|
39
|
39
|
3.Kurikulum SD 211/IX Mendalo Darat
a. Muatan
kurikulum
1). Kurikulum SD
211/IX Mendalo Darat terdiri atas 9 mata pelajaran, muatan lokal, dan
pengembangan diri. Muatan lokal
merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan
dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya
tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan
lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
diri bukan merupakan mata pelajaran
yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru,
atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan
ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan
pelayanan konseling yang berkenaan
dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan
karir peserta didik.
2) Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan
sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan
menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
3) Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
4) Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester)
adalah 34-38 minggu.
b. Pengaturan Beban Belajar
a). Beban belajar
dalam sistem paket digunakan oleh tingkat satuan pendidikan, kategori standar.
b). Jam
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan
sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan alokasi waktu
untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam
satu tahun ajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar
yang tetap. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam
pembelajaran per minggu secara keseluruhan. Pemanfaatan jam pembelajaran
tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, di
samping dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain yang dianggap penting dan tidak
terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi.
c). Alokasi waktu
untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem
paket untuk SD 211/IX Mendalo Darat dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan
peserta didik dalam mencapai kompetensi.
d). Alokasi waktu
untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap
muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan
satu jam tatap muka.
c. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan
belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil
belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100 %. Kriteria ideal
ketuntasan untuk masing-masing indikator 75 % SD 211/IX menetapkan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) dengan kemampuan mempertimbangkan tingkat
kompetensi rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta
kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran.
Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan
kriteria ketuntasan minimal untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
d.
Penilaian Pembelajaran
Nilai adalah
pencapain hasil belajar siswa secara kumulatif dalam satu semester. Kumulatif
artinya perataan dari Nilai Ulangan Harian Per KD, Ulangan Tengah Semester dan
Ulangan Akhir Semester, Ulangan Harian Per KD dilakukan per-aspek dengan teknik
tes dan non tes. Hasil dari tes atau non tes yang belum mencapai KKM harus
diremidi melalui perbaikan pembelajaran dan penilaian ulang. Perataan nilai tes
dan nilai non pre-aspek per-KD menjadi nilai aspek KD tersebut. Perataan
nilai per-aspek dari semua KD menjadi rata-rata Ulangan Harian. Oleh karena itu
seyogyanya Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester juga dibuat
per-aspek.
Perataan dari
UH, UTS, dan UAS sekolah menetapkan pembobotannya yaitu UH : 1, UTS : 1 dan UAS
: 2, maka untuk nilai Raport dengan memakai rumus sebagai berikut :
NR =
|
2UH + UTS
+ UAS
4
|
Keterangan :
NR
: Nilai Raport
UH
: Nilai Rata-rata Ulangan Harian (Diutamakan Nilai Proses)
UTS : Nilai Ujian Tengah Semester
UAS
: Nilai
Ujian Akhir Semester
Nilai dinyatakan dengan angka
skala 0 – 100 dan dinyatakan pula dalam huruf.
e.
Kriteria Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas
dilaksanakan pada setiap akhir tahun, mekanisme kenaikan kelas berdasarkan
nilai raport semester I dan II.
Kriteria
kenaikan kelas SD 211/ IX Mendalo Darat sebagai berikut
1.
Tidak boleh ada
nilai sama atau kurang dari 50
2.
Siswa
dinyatakan naik kelas yang bersangkutan telah mencapai kriteria ketuntasan
minimal pada semua indikator, Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi
(SK) pada semua mata pelajaran.
3.
Siswa
dinyatakan harus mengulang apabila belum mencapai kriteria ketuntasan minimal
pada banyak indikator, KD, dan SK pada lebih dari empat mata pelajaran sampai
batas akhir tahun.
4.
Ketika
mengulang di kelas yang sama, nilai siswa untuk semua indikator, KD dan SK yang
ketuntasan belajar minimumnya sudah dicapai minimal sama dengan yang dicapai
pada tahun sebelumnya.
5.
Memiliki nilai
minimal ”Baik” untuk pengembangan diri, aspek kepribadian, kelakukan,
kerajinan, kerapihan, kedisiplinan dan kebersihan pada semester yang di ikuti.
6.
Kehadiran siswa
minimal : 90 % dan tidak melampaui Point Kum (Pelanggaran)
7.
Perhitungan
persetase kehadiran minimal, dihitung dari ketidakhadiran
dengan tanpa keterangan.
8.
Pada buku Raport Semester Dua, tercantum
klausul ’Berdasarkan hasil yang dicapai pada semester 1 dan 2 .....”. Jadi
ketuntasan belajar dihitung dari hasil semester 1 dan 2.
9.
Untuk setiap
mata pelajaran, jika semester 1 dan 2 tuntas, maka mata pelajaran itu
dinyatakan tuntas. Jika semester 1 dan 2 tidak
tuntas, maka mata pelajaran itu dinyatakan tidak tuntas, maka harus dilakukan
perhitungan berikut. Jumlahkan nilai semua aspek mata
pelajaran itu pada masing-masing semester. Carilah rata-rata dari jumlah
tersebut. Bandingkan dengan jumlah KKM aspek mata pelajaran itu. Jika rata-rata
dari jumlah nilai yang diperolehnya sama atau lebih dari ketetaoan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM), maka dinyatakan tuntas, selain itu dinyatakan tidak
tuntas.
f.Kriteria Kelulusan
Sesuai dengan
PP.19/2005 Pasal 72 Ayat 1 Peserta didik dinyatakan lulus setelah :
a.
Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran
b.
Memperoleh
nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok
agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok
estetik, dan kelompok matpel jasmani olahraga dan kesehatan.
c.
Lulus ujian
sekolah untuk kelompok mapel ilmu pengetahuan
d.
dan t
e.
eknologi dan
f.
Lulus Ujian
Nasional ketentuan penilaian akhir dan ujian sekolah diatur lebih lanjut dengan
pemerintah berdasarkan usulan BNSP.
4. Data Peserta didik
1). Naik/Tidak
Naik Kelas Tahun Pelajaran 2010/2011
No
|
Kelas
|
Naik Kelas
|
Tidak Naik Kelas
|
Drop Out
|
||||||
L
|
P
|
Jlh
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jlh
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
Jumlah
|
2).Data
Kelulusan SD N 211/IX Mendalo Darat
a.
Data Kelulusan
NO
|
TAHUN
|
JUMLAH
PESERTA
|
JUMLAH
KELULUSAN
|
1
|
2011
|
27
|
27
|
2
|
2012
|
18
|
|
b.Data
Perolehan Nilai UN Tiga Tahun Terakhir
No
|
MP
|
TP.2008-2009
|
TP.2009-2010
|
TP.2010-2011
|
||||||
Ttg
|
Trd
|
Rerata
|
Ttg
|
Trd
|
Rerata
|
Ttg
|
Trd
|
Rerata
|
||
1
|
B.I
|
9.00
|
5.00
|
8.45
|
8.00
|
5.80
|
7.30
|
9.00
|
5.00
|
8.45
|
2
|
MTK
|
9.00
|
7.40
|
8.37
|
9.20
|
6.40
|
8.73
|
9.00
|
7.40
|
8.37
|
3
|
IPA
|
8.75
|
7.00
|
8.47
|
7.50
|
5.75
|
6.87
|
8.75
|
7.00
|
8.47
|
Jumlah
|
c.Prestasi
Akademik : Nilai Ujian Sekolah (US)
No
|
Mata Pelajaran
|
Rata-rata Nilai US
|
|
Tahun
2009/2010
|
Tahun 2010/2011
|
||
1.
|
Agama
|
||
2.
|
PKN
|
||
3.
|
IPS
|
||
4.
|
Penjas
|
||
5.
|
SBK
|
||
6.
|
PLH
|
d.Angka
Kelulusan dan Melanjutkan
NO
|
Tahun Pelajaran
|
Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Sekolah
|
|||||
Jumlah Peserta Ujian
|
Jumlah Lulus
|
% Kelulusan
|
% Lulusan yang Melanjutkan Pendidikan
|
% Lulusan yang TIDAK Melanjutkan Pendidikan
|
|||
1.
|
2008/2009
|
27
|
27
|
100
|
100
|
||
2.
|
2009/2010
|
18
|
18
|
100
|
100
|
||
3.
|
2010/2011
|
f. Perolehan
Kejuaraan / Prrestasi Akademik : Lomba-lomba
NO
|
Nama Lomba
|
Juara Ke
|
Tahun
2009/2010
|
Juara Ke
|
Tahun 2010/2011
|
||||
Tingkat
|
Tingkat
|
||||||||
Kab
|
Provinsi
|
Nasional
|
Kab
|
Provinsi
|
Nasional
|
||||
1.
|
Lomba
Poster
|
1
|
V
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
Mengarang Lingkungan
hidup
|
-
|
|||||||
h.
Jumlah dan Persentase Siswa yang Drop-out
No
|
Kelas
|
Jumlah dan Persentase Siswa yang Drop-out
|
|||
2007/2008
|
2008/2009
|
2009/2010
|
2010/2011
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
Total ( % )
|
i.
Jumlah dan Persentase Siswa yang Terancam Drop-out
No
|
Kelas
|
Jumlah dan Persentase Siswa yangDrop-out
|
|||
2007/2008
|
2008/2009
|
2009/2010
|
2010/2011
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
BAB III
Penutup
a. Kesimpulan
Dari uraian Rancang Bangun
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan tentang siswa dan lulusan di SD N 211/IX
Mendalo Darat yaitu dengan perencanaan yang meliputi: Informasi alumni, siswa
lulus, siswa DO, siswa meninggal dunia akan tercatat data Historynya, mempermudah
proses akumulasi nilai ; nilai harian, nilai tengah semester, nilai akhir
semester, Pembuatan transkip nilai baik berupa raport maupun print out biasa,
Wali kelas dapat mengontrol hasil akademik siswanya secara mudah dan cepat,
Proses penerimaan siswa baru akan semakin cepat dan akurat, Informasi quota
penerimaan dan nilai minimal akan selalu Real Time dihadapan Wali Murid,
Rangking berdasarkan Nilai, otomatis akan terbentuk, Jurnal informasi
penerimaan siswa baru akan otomatis terbentuk, Laporan statistik berdasarkan
Nilai, Jenis Kelamin, Umur, Pekerjaan, Orang Tua, Alamat asal akan terbentuk
otomatis, dan Mempermudah proses penyusunan laporan tentang siswa secara akurat
yang diminta oleh pihak Dinas Pendidikan.
Sistem informasi kelulusan akan memberikan
informasi lulus tidaknya seorang siswa dan peringkat yang di raih oleh siswa
tersebut dalam satu kelas atau satu sekolah.
Selain itu informasi yang disajikan
berkaitan dengan lulusan yaitu Profil Alumni Sekolah. Fasilitas ini
berguna untuk data-data alumni sekolah.
Sumber informasi yang demikian
banyak tersebut harus dikelola secara baik dan rapi, agar pengelolaan sekolah
bisa ditingkatkan menjadi sekolah yang unggul dan profesional.
b. Saran
Pengelolaan sistem informasi
manajeman pendidikan yang dikelola pada SD N 211/IX Mendalo Darat perlu
ditingkatkan dengan menerapkan teknik pengelolaan system informasi
manajemen dengan bantuan ICT.
Daftar Rujukan
Daftar
Isisan Format Profil Sekolah SD N 211/IX Mendalo Darat Tahun 2010.
Hermawan,
A. 2009.SIMDIK system Informasi Manajemen pendidikan; modul Diklat
Operasional Komputer DAK. Jakarta: PT Wira Eka Bhakti.
Kadir.2010.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jambi: Pascasarjana Universitas
Jambi.
http://
pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id Diakses tanggal 17 november 2012
Komentar
Posting Komentar